Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

By | 17/01/2017

Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak – Sebagai orangtua, tentu Anda sangat memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan anak Anda. Salah satu hal terpenting yang pasti Anda pikirkan bagi seorang anak adalah pendidikan mereka, karena tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan yang bagus erat kaitannya dengan masa depan yang cerah, dan Anda pasti mendambakan masa depan yang cerah bagi anak Anda, bukan ?

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan Anak

Jika memikirkan pendidikan, hal yang tidak bisa lepas dari pertimbangan adalah biayanya. Sudah merupakan fakta yang diketahui oleh hampir setiap orangtua bahwa biaya pendidikan semakin hari semakin meningkat. Diperkirakan bahwa biaya pendidikan mengalami kenaikan sekitar 10-15% per tahun. Nah, bagaimana cara Anda mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan tersebut ?

Satu hal yang mungkin terpikir oleh Anda adalah menabung khusus untuk dana pendidikan, bisa dengan membuka tabungan biasa atau membuka tabungan pendidikan. Satu lagi adalah dengan berinvestasi, yang jika berhasil maka hasilnya kelak bisa Anda pergunakan untuk membiayai pendidikan anak Anda. Alternatif lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah asuransi pendidikan. Untuk yang terakhir ini, mungkin belum banyak yang memahami seluk-beluknya, termasuk Anda. Silakan simak terus untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai asuransi pendidikan untuk anak Anda.

Pengertian Asuransi Pendidikan

Pada dasarnya, asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang merupakan kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dengan tabungan atau investasi. Dengan asuransi jenis ini, perusahaan asuransi sebagai penanggung akan mengganti uang pertanggungan apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia sementara anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Asuransi Pendidikan sampai kuliah

Asuransi Pendidikan sampai kuliah

Jadi dengan kata lain, fungsi dari asuransi pendidikan adalah untuk proteksi atau perlindungan sekaligus dana pendidikan. Orangtua yang menjadi pencari nafkah utama sebagai pemegang polis diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru, entah itu SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi, dan dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak.

Untuk memilih asuransi pendidikan mana yang terbaik untuk anak Anda, ada beberapa kiat yang dapat Anda ikuti atau dijadikan bahan pertimbangan, yang utama adalah pelajari nilai proteksi dan investasinya. Dua hal ini merupakan yang wajib dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan. Penting untuk mengetahui seberapa besar proteksi atau perlindungan dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh seandainya orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia, kecelakaan, atau cacat tetap, sehingga memastikan anak tetap dapat bersekolah dengan lancar. Selain investasi yang menyertai asuransi pendidikan, meski lebih berisiko ketimbang tabungan, menjanjikan potensi keuntungan lebih tinggi, sehingga lebih sesuai dengan tingginya kenaikan biaya pendidikan. Pelajari lebih lanjut jenis investasi yang menyertai suatu produk asuransi pendidikan.

Selain dua hal di atas, beberapa hal lain yang penting diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak Anda adalah:

  • Cari perusahaan asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik
  • Cari yang pencairan klaimnya cepat dan mudah
  • Tanyakan informasi ke orang-orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk asuransi dari perusahaan yang sama
  • Tanyakan informasi mengenai kekurangan dan kelebihan produk-produk asuransi yang ditawarkan kepada agen asuransi
  • Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda, dan apakah bisa diubah sesuai dengan kondisi keuangan
  • Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan, artinya nilai tabungan asuransi harus sesuai dengan rencana biaya sekolah anak Anda
Facebook Comments