Tips Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik

By | 19/01/2017

Bagi anda yang ingin ikut Asuransi atau bergabung Asuransi sebelum mendaftar alangkah baiknya jika sebelum menjatuhkan pilihan harus memilih mana asuransi yang cocok dan sesuai dengan keinginan anda. Jangan sampai setelah anda menjadi nasabah suatu asuransi tertentu anda merasa kecewa, sedangkan iuran premi sudah anda bayarkan setiap bulan.

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih asuransi yang baik agar sesuai dengan keinginan kita :

Pahami Jenis Produk Asuransi Kesehatan yang akan anda pilih

Pada prinsipnya ada 2 jenis asuransi yang kadang ditawarkan oleh Perusahaan Asuransi Kesehatan, Yaitu ;

1. Hospital Benefit

Produk jenis asuransi ini memberikan penggantian biaya secara terperinci atas berbagai macam biaya yang kita keluarkan pada saat kita berobat di Rumah Sakit. Sistem klaim yang digunakan adalah dengan sistem cash-less atau Non- reimbursement. Biasanya pembiayaan di Rumah Sakit dengan menggunakan kartu Asuransi gesek (seperti kartu kredit).

2. Hospital Cash

Sementara Hospital Cash adalah jenis produk asuransi yang memberikan pergantian biaya pada jumlah nominal tertentu sesuai dengan perjanjian kontrak yang sudah disepakati sebelumnya. Misalnya Nominal Rp 500.000 per hari untuk biaya di Rumah sakit tanpa melihat berapa tagihan sebenarnya dari pihak Rumah Sakit. Sedangkan untuk sistem klaim nya dengan sistem Reimbursement, yaitu nasabah mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu untuk membayar biaya Rumah Sakit dan kemudian nanti baru diganti oleh pihak asuransi dengan mengisi form Asuransi. Dan Perusahaan Asuransi akan cek ke Rumah Sakit yang bersangkutan untuk memastikan apa nasabah tersebut benar sesuai dengan yang tertera di Form Asuransi.

Contoh Klaim Asuransi

Contoh Klaim Asuransi

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Berbagai produk asuransi kesehatan sering kali membuat Anda bingung sehingga bisa saja Anda memilih asuransi kesehatan yang salah dan kurang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mencegah hal ini, pahami kebutuhan dan riwayat kesehatan Anda. Setelah itu, pilih asuransi kesehatan yang sesuai dan nantinya meringankan beban finansial Anda dan keluarga. Sebaiknya Anda mengumpulkan terlebih dahulu kira-kira layanan seperti apa yang diinginkan dan yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Sebagai contoh, Anda mengumpulkan data tentang biaya berobat di rumah sakit beserta fasilitasnya (misalnya kelas VIP dengan biaya kunjungan dokter Rp 300.000 dan fasilitas lainnya). Setelah mengumpulkan semua datanya baru nanti Anda cari asuransi kesehatan apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Cari Tahu Manfaat Apa Saja Yang Akan Anda Dapatkan

Sebelum memilih asuransi kesehatan, ketahui manfaat yang akan Anda dapatkan. Sebagai contoh, manfaat tersebut adalah jaminan ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga selaku nasabah. Dengan demikian, Anda tidak perlu risau lagi soal biaya kesehatan.

Cukup klaim serta menunjukkan bukti-bukti otentik seperti kwitansi pembayaran maka perusahaan asuransi akan membayarkan biaya pengobatan di rumah sakit tersebut.

Manfaat lain adalah Anda akan mengatur keuangan dengan baik karena Anda harus membayar premi setiap bulannya. Dengan kata lain, Anda harus menyisihkan gaji sebagai karyawan untuk pembayaran premi sebagai dana cadangan untuk kesehatan Anda.

Cari Tahu Rumah Sakit Mana Saja Yang Bekerjasama Dengan Asuransi Tersebut

Rumah Sakit Rujukan

Rumah Sakit Rujukan

Dalam memilih Asuransi anda harus paham dan tahu benar Rumah Sakit mana saja yang bekerjasama dengan Perusahaan Asuransi tersebut. Apakah Rumah Sakit ada di daerah sekitar tempat tinggal anda. Atau Apakah Rumah Sakitnya tersebar di seluruh kota di Indonesia, sehinga jika sewaktu terjadi sesuatu di kota manapun anda tidak bingung untuk mencari Rumah Sakit Rujukan. Dan yang paling penting adalah Apakah  Rumah Sakit tersebut pelayanannya memuaskan.

Pilih Pembayaran Premi Yang Sesuai Dengan Keuangan Anda

Premi murah dan tanggungan lengkap adalah idaman para nasabah asuransi kesehatan. Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah semakin lengkap pertanggungan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi, semakin tinggi premi yang harus Anda bayarkan. Apabila Anda ingin mempersiapkan dana kesehatan Anda, pilihlah asuransi yang tidak akan mencekik finansial Anda.

 

Jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan hari ini karena kebutuhan pokok tidak tercukupi akibat membayar premi yang tinggi. Oleh karena itu, pilihlah asuransi kesehatan dengan premi sesuai keuangan Anda. Sebagai contoh, Anda membayar premi asuransi kesehatan sebesar 10% dari gaji Anda.

Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asuransi adalah produk jangka panjang. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang kredibel. Cara mudahnya adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan dan proses klaimnya.

Jangan tergiur dan cepat mempercayai premi murah yang ditawarkan dengan manfaat serta jenis perawatan yang lengkap. Setiap perusahaan asuransi memiliki jenis perawatan dan premi yang berbeda-beda untuk nasabahnya dengan rincian pertanggungan yang berbeda-beda pula. Semua informasi tercantum dalam polis Anda, jadi bacalah dengan teliti.

Kemudahan Dalam Mengajukan Klaim

Banyak nasabah yang merasa tertipu karena mereka harus membayar biaya pengobatan di awal. Dalam kasus ini, mereka sebenarnya mengambil produk asuransi dengan sistem reimbursement. Nah, jangan sampai Anda menjadi nasabah yang merasa dirugikan. Ketahui dengan teliti kemudahan sistem klaim asuransi kesehatan yang akan Anda pilih.

Pada dasarnya ada dua jenis sistem klaim yaitu cashless dan reimbursement. Dalam sistem cashless atau non-reimbursement biasanya pembayaran pengobatan di rumah sakit dilakukan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan.

Sementara dalam sistem reimbursement, nasabah asuransi kesehatan diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu semua biaya medis yang dikeluarkan, yang baru kemudian ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran dari rumah sakit.

Bandingkan Dengan Perusahaan Asuransi Lain

Hal yang harus Anda perhatikan dalam membandingkan produk asuransi adalah premi bulanan, jenis perawatan kesehatan, sistem klaim, provider atau rumah sakit yang bekerja sama, dan manfaat-manfaat lain yang ditawarkan oleh perusahaan -perusahaan asuransi kesehatan.

Memilih Asuransi

Memilih Asuransi

Banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan manfaat perawatan kesehatan, seharusnya membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan. Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja. Anda sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan asuransi lainnya dan membandingkan produk asuransi mereka.

Demikian Beberapa Tips Cara Memilih Asuransi Yang Baik agar sesuai dengan keinginan anda.

Share dan bagikan artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain juga.

 

Facebook Comments